Kunjungan Pangarmabar TNI-AL

Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksda TNI Hari Bowo, Jumat (18/2) sore meresmikan tandon air di pangkalan Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan Kapal (Fasharkan) TNI AL Mentigi, Tanjunguban. Tandon air yang diberi nama Tandon Air Kuala Tirta merupakan salah satu sumber air untuk menyuplai KRI yang bersandar di dermaga Fasharkan Mentigi.

”Dalam sehari ada 10 – 15 KRI yang bersandar di dermaga Fasharkan TNI AL Mentigi,” ujar Kafasharkan TNI AL Mentigi, Kolonel (T) Riza Utama.

Menurut Riza Utama , dengan banyaknya kapal bersandar, membutuhkan persediaan air cukup banyak. Selama ini kebutuhan air disuplai dari Jago, yang mana sumber air itu akan berkurang saat musim kemarau.

Ia berharap dengan adanya tandon air tadah hujan ini bisa mencukupi kebutuhan pangkalan Fasharkan dan KRI-KRI yang singgah di pangkalan Fasharkan TNI AL Mentigi Tanjunguban. Adapun fasilitas tandon air Kuala Tirta yang memiliki panjang 132 meter dan lebar 66 meter serta kedalaman 2,5 meter itu

Laksda TNI Hari Bowo, menyampaikan TNI AL terus melakukan peningkatan fasilitas untuk menunjang peningkatan kinerjanya di lautan. Di antaranya, melengkapi sarana dan prasarana untuk mendukung tugas di lapangan salah satunya adanya tandon air di Fasharkan Mentigi Tanjunguban, yang secara khususnya untuk mensuplai kebutuhan KRI-KRI yang sandar di Fasharkan Mentigi yang bertugas menjaga keamanan di perairan Armabar.

Mengapa tandon air ini sangat penting, Hari, menyampaikan air merupakan kebutuhan manusia, oleh karena itu air bersih sangat penting perannya. Adanya tandon air ini, semoga kebutuhan air bisa dipergunakan bukan hanya untuk operasional pangkalan, namun untuk mensuplai kebutuhan air bagi KRI-KRI.

Peresmian tandon ditandai dengan penekanan tombol sebagai tanda digunakan fasilitas tandon air tersebut. Pada kesempatan itu, Pangarmabar pun menanam pohon di sekitar area tandon dengan diikuti perwira lainnya. Selepas itu, Pangarmabar bersama istri melepaskan sepasang burung merpati dan akhirnya Pangarmabar meninjau beberapa gedung operasional di Fasharkan TNI AL Mentigi, Tanjunguban. Termasuk
mengunjungi SMK Perkapalan Hangtuah Tanjung Uban di Jl. Kesatrian No. 9 Kompleks TNI-AL Tanjung Uban.

Ini Sebagian Cuplikan Foto Kunjungan Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksda TNI Hari Bowo di SMK Perkapalan:






0 komentar:

Posting Komentar